Search form

Tolong dong! Ngumo

Tolonglah Ngumo untuk keluar dari pipa.

Audience

Guk! Guk! Teman-teman, aku Ngumo. Aku adalah seekor anak anjing yang lucu. Aku terperangkap di dalam silinder besar yang tertanam di lantai (AD) dan tembok (AF) yang saling tegak lurus, hingga hanya menyisakan ruang sebesar seperempat lingkaran yang pusatnya di A. Silinder ini juga kejatuhan pelat besi (FD) yang berat. Aku tidak tahu caranya keluar dari sini. Bantuan sudah dipanggil tetapi belum datang.

Aku punya seekor teman bernama Labi. Ia adalah seekor laba-laba yang lucu. Labi tidak bisa mengeluarkan Ngumo dari sini, tetapi Labi bisa membawakan makanan untuk Ngumo sampai ada yang menolong Ngumo. Sekarang teman-teman tolong bantu Labi membawakan makanan untuk Ngumo ya.

Ngumo sudah mengukur jarak dari A ke C adalah 108 cm. Labi telah menempuh jarak 27π cm sepanjang permukaan melengkung dari C ke E, namun ternyata tidak ada jalan masuk. Maka Labi kembali ke tempat semula.

  1. jawaban

    Teman-teman, berapakah sudut yang dibentuk oleh CAE?

  2. jawaban

    Berapakah besar ko-sudutnya?

  3. jawaban

    Sekarang Labi berangkat lagi dari C menuju ke D. Berapakah jaraknya?

  4. jawaban

    Sekarang Labi berangkat dari D ke E. Berapa jaraknya?

  5. jawaban

    Sekarang Labi harus turun secara vertikal dari E ke B. Berapa jaraknya?

  6. jawaban

    Labi sekarang ingin keluar menuju F. Ia bergerak dulu dari B ke **A. Berapakah jaraknya?

  7. jawaban

    Setelah sampai di A, ia menuju F. Berapakah jarak dari A ke F?

Oh tidak! Ada gempa bumi! Seluruh lantai tempat Ngumo berada terbelah! Silindernya jatuh terjepit di bawah tanah, dan tersangkut dengan dua batang besi GI dan KH yang saling tegak lurus tepat di pusat silinder. Labi belum sempat keluar. Labi harus memberitahu orang-orang mengenai posisi Ngumo sekarang. Tetapi pertama-tama Labi harus mencari jalan keluar terlebih dahulu.

Labi mencari jalan dari G dan akhirnya setelah menyusuri tepi silinder sepanjang 306π cm, Labi menemukan jalan keluar di J. Setiba di J, Labi bingung mau ke mana. Labi harus menghitung-hitung jarak.

  1. jawaban

    Berapakah jarak JK?

  2. jawaban

    Berapakah jarak JI?

  3. jawaban

    Berapakah jarak KH?

  4. jawaban

    Berapakah jarak IH?

  5. jawaban

    Berapakah jarak HJ?

Labi memutuskan lewat I dan memberitahu manusia mengenai posisi Ngumo. Akhirnya tim SAR berhasil menemukan Ngumo sehingga Ngumo dapat diselamatkan.

Terimakasih teman-teman, untuk membantu Ngumo.

Beri tanggapan