Search form

Tante Nita

Bantulah Tante Nita dalam penelitiannya mengenai kadal.

Audience

Tante ingin membuktikan bahwa tidak baik memakan kadal-kadal itu. Konon katanya menurut orang-orang, makan kadal menyebabkan sukar buang air besar. Tante ingin menguji orang-orang yang pernah makan kadal-kadal itu, berapa hari kemudian mereka baru buang air besar.

Adik-adik, perkenalkan ya, nama tante adalah Nita. Nama lengkap tante Nita Desilia. Tetapi karena menikah dengan seorang pria bernama Kuartilia, sekarang nama tante menjadi Nita Kuartilia.

Tante baru saja mengusir anak tante dari rumah, karena... aduh... menjijikkan sekali jika mengingatnya... anak tante memelihara banyak sekali kadal berbentol-bentol. Dan yang lebih buruk lagi... ia suka memakannya! Itu belum yang paling buruk, ia juga suka memakannya bersama teman-temannya! Dan yang paling buruk menurut tante adalah, ketika ia menjualnya, dan sangat laku sekali! Mengerikan! Tante berharap ini semua cuma mimpi buruk! Tidak suka! Huh! Tidak sukaaaaaa!

Eh... iya maafkan, tante bukan sedang mau curhat di sini. Tante ingin minta tolong pada adik-adik ni, soalnya tante ingin membuktikan bahwa tidak baik memakan kadal-kadal itu. Konon katanya menurut orang-orang, makan kadal menyebabkan sukar buang air besar. Tante ingin menguji orang-orang yang pernah makan kadal-kadal itu, berapa hari kemudian mereka baru buang air besar. Tante sudah mengumpulkan data, dan ini datanya:

2 4 7 7 8 9 11 11
11 12 13 13 16 17 17 18
18 18 19 19 20 20 22 23
23 23 23 24 24 25 25 25
26 27 29 29 29 30 33 34
  1. jawaban

    Adik-adik tolong bantu tante membuat tabel distribusi frekuensinya ya.

  2. jawaban

    Adik-adik tolong bantu tante menghitung rata-ratanya ya. Berapa ya?

  3. jawaban

    Adik-adik tolong bantu tante menghitung simpangan rata-ratanya ya. Berapa ya?

  4. jawaban

    Adik-adik tolong bantu tante menghitung ragamnya ya. Ragam itu sama dengan variance. Berapa ya?

Adik-adik... aduh nggak enak nih minta tolong terus... tapi adik-adik harus tolong ya. Awas kalau tidak. Tolong bantu tante menghitung ketiga kuartilnya ya.

  1. jawaban

    Kuartil 1 nya?

  2. jawaban

    Kuartil 2 nya?

  3. jawaban

    Kuartil 3 nya?

Adik-adik tolong bantu tante juga untuk menghitung jangkauan interkuartil, jangkauan semi interkuartil, pagar dalam, dan pagar luarnya ya.

  1. jawaban

    Jangkauan interkuartilnya (hamparan)?

  2. jawaban

    Jangkauan semi-interkuartilnya (simpangan kuartil)?

  3. jawaban

    Pagar dalamnya?

  4. jawaban

    Pagar luarnya?

  5. jawaban

    Adik-adik, sampai di sini apakah ada data yang tidak normal? ada tidak?

Oh ya adik-adik, tante ingin tahu data yang letaknya di 10%, 50%, sama 70%. Adik-adik bisa hitungkan buat tante? Bisa ya? Tante kasih petunjuk deh, petunjuknya adalah tante. Hohoho.

  1. jawaban

    Data yang letaknya 10%?

  2. jawaban

    Data yang letaknya 50%?

  3. jawaban

    Data yang letaknya 70%?

Aduh adik-adik, maaf sudah merepotkan. Tapi awas ya kalau tidak mau tolong tante. Sama orang tua harus nurut. Ayo cepat kerjakan. Kalau sudah, periksa 100 kali. Ayo cepat! Terimakasih ya adik-adik. Tante sayang kalian.

Tanggapan

Angelia Stephanie

Pak,,,Kreatif banget nih buat blajar statistik.. Heheh..saya selalu suka sama cara ngajar bapak..=)

Beri tanggapan