Search form

Aurelia dan Joselin

Ikut campurlah dalam perdebatan antara Aurelia dan Joselin.

Audience

Ini adalah soal-soal logika matematika, mengenai penarikan kesimpulan. Silahkan coba mengerjakannya.

Aurelia(salam)
Hai teman-teman! Namaku Aurelia. Aku seekor ubur-ubur yang lucu. Aku punya teman seekor gurita bernama Joselin, yang setiap saat ia makan dan tidur.
Itu tidak benar, teman-teman. Teman-teman tolong tuliskan negasinya ya.
Justru Aurelia ini yang suka begitu. Bahkan ada saat jika ia merasa terganggu maka ia makan sebanyak-banyaknya.
Bukan begitu. Teman-teman tolong tuliskan negasinya ya.
Teman-teman bisa lihat sendiri. Jika Joselin tidak rakus, maka kulkasnya masih penuh. Kontraposisinya apa ya teman-teman?
Tetapi sebenarnya demikian juga berlaku konversnya, apa ya konversnya?
Kemudian inversnya apa ya?
Jangan dengarkan dia, teman-teman. Aurelia ini memang kulkasnya penuh makanan. Kalau kulkasnya penuh makanan, berarti itu semuanya makanan busuk. Teman-teman tahu dong, kesimpulannya?
Maafkan Joselin, teman-teman. Memang Joselin ini suka asal bicara. Kalau ia gurita cerdas, ia tidak akan asal bicara. Kalau ia bukan gurita cerdas, berarti ia bodoh. Jadi, teman-teman tahu dong, kesimpulannya.
Aurelia ini memang begitu, teman-teman. Ia suka menghina dan merendahkan gurita. Kalau ia ubur-ubur yang punya otak, ia tidak akan merendahkan gurita. Kalau ia tidak super bodoh, berarti ia punya otak. Jadi teman-teman, apakah ia super bodoh? Buktikan juga ya.
Aurelia(kesal)
Enak saja kamu ngomong. Dasar Joselin gurita bakar busuk. Aku yang gila atau dia yang seharusnya dipanggang. Aku tidak gila dan tidak tahan dengannya. Jika ia dipanggang, akan menjadi makanan manusia yang beracun. Jika ia makanan manusia yang beracun, seharusnya ia dimusnahkan dari muka lautan. Apakah Joselin seharusnya dimusnahkan dari lautan? Buktikan ya.
Joselin(kesal)
Jaga mulutmu, hai ubur-ubur! Ubur-ubur memang harus dibinasakan. Jika ubur-ubur makhluk berguna, ia tidak harus dibinasakan. Ubur-ubur makhluk berguna atau hanya sampah. Ubur-ubur bukan sampah atau ia polutan lautan. Jadi teman-teman silahkan putuskan sendiri dan buktikan apakah ubur-ubur ini polutan laut atau bukan.
Aurelia(kesal)
Awas kau gurita! Jika dan hanya jika kamu adalah makhluk yang berguna, maka kamu akan bicara baik-baik. Kamu tidak bicara baik-baik. Berarti kamu makhluk tak berguna.
Joselin(kesal)
Mana bisa ditarik kesimpulan begitu. Ayo sekarang teman-teman coba buktikan apakah ia menarik kesimpulan secara sah atau tidak.
Joselin(kesal)
Jika Aurelia ubur-ubur, berarti ia bertentakel banyak. Jika ia ubur-ubur, berarti ia ada gangguan jiwa. Berarti, jika ubur-ubur bertentakel banyak, berarti ada gangguan jiwa!
Aurelia(kesal)
Mana bisa! Ayo teman-teman buktikan juga ia sah atau tidak.
Sudah, sudah. Jangan ribut. Kalian berdua saya makan saja.
O ouw...

Tanggapan

Beri tanggapan