Search form

Sifat-sifat fungsi

Dua sifat yang harus dimiliki oleh suatu fungsi.

Audiens

Ok, jadi sebuah fungsi dapat kita anggap sebuah mesin. Sekarang kita akan memperhatikan hal-hal ini.

Ada input, ada output

Pertama, bayangkan kamu memasukkan buah apel ke dalam blender. Lalu blender dinyalakan, dan menghasilkan jus apel. Kamu sekarang dapat menikmati jus apel yang sangat lezat.

Kemudian, kamu memasukkan buah naga ke dalam blender, lalu menyalakan blendernya. Tetapi entah apa yang terjadi, pada waktu kamu tuang ke gelas, ternyata tidak ada apa-apa yang dihasilkan. Wow! Bukan sulap bukan sihir! Ini mujizat! Walaupun mujizat yang tidak berguna sama sekali. Karena itu kamu marah dan mengajukan komplain ke pabriknya. Sekalipun menakjubkan, tetapi blender itu kamu anggap rusak.

Nah, pada umumnya sebuah mesin harus menghasilkan output jika diberi input. Kalau tidak demikian, kamu menganggap mesin itu sebagai mesin rusak. Maka sekarang kita bisa menyepakati hal ini: Kalau diberi input, mesin harus menghasilkan output. Ini adalah sifat fungsi yang pertama, yang kita sebut sebagai sifat total, yang lengkapnya adalah sifat total kiri

Sifat Total Fungsi
Ada input, harus ada output.

Input sama, output sama

Sekarang, kamu telah memperbaiki blendermu. Kamu mencoba lagi dengan memasukkan buah apel. Keluarlah jus apel. Ah! Blendernya sudah waras lagi!

Kamu mencobanya kembali dengan memasukkan buah jeruk. Kamu nyalakan blendernya, dan menuangkan jusnya ke gelas. Setelah kamu cicipi, kamu terkejut. Ternyata bukan jus jeruk melainkan jus durian! Astaga! Mungkin pabriknya terlalu serius dalam memperbaiki jus ini!

Kamu pun memanggil teman-temanmu untuk berpesta dengan blender ajaibmu ini. Lihat! Bukan sulap bukan sihir! Aku akan memasukkan buah jeruk ke blender ini, dan kalian semuanya akan mendapatkan jus durian, katamu dengan bangga sambil memasukkan buah jeruk ke blender dan menyalakannya.

Kamu menuangkan ke gelas masing-masing, dan menyuruh mereka mencicipi jus buatanmu.

Lho! Ini jus salak Ridwan mengomentari. Puah! Ini rasa air got! kata Farid. Enak kok, ini rasa markisa, komentar Santi.

Kamu bingung karena teman-temanmu mendapat rasa yang berbeda-beda. Kamu pun mencicipinya dan langsung memuntahkannya karena jus yang kamu minum adalah rasa arak gosok.

Setelah kamu meminta maaf pada teman-temanmu, kamu pun mengembalikan blendermu ke pabriknya dengan penggantian sejumlah uang. Ini produk cacat, katamu. Cacat karena begitu ajaibnya blender itu, hingga dari buah jeruk yang dimasukkan ke dalamnya, ternyata jus yang dihasilkan bisa bermacam-macam.

Pada umumnya, kita mengharapkan mesin yang kita miliki bisa diperkirakan hasilnya. Kalau kita beri input tertentu, kita berharap outputnya juga tertentu, tidak berubah-ubah. Kita berharap mesin pembuat mi akan selalu mengeluarkan mi setelah diberi tepung terigu. Kita juga berharap mesin ATM selalu mengeluarkan uang 100.000 ketika menu itu yang kita tekan. Umumnya seperti itu.

Ini adalah sifat fungsi yang kedua, yang disebut sebagai sifat unik, lengkapnya adalah sifat unik kanan. Suatu fungsi harus menghasilkan output yang dapat diperkirakan. Artinya, kalau dua orang memberi input yang sama, outputnya juga harus sama. Tidak boleh berbeda.

Sifat Unik Fungsi
Input sama, output juga harus sama.

Tanggapan

ciąg dalszy W ostatnim czasie jeszcze większa wielkość osób oferuje problemy z powodu ciągłością finansową. Więc tez tacy ludzie powinni ma mocniej ruszyć głową powyżej danym jakie wyposażone są w oczekiwania, toteż zachodzić z dozą prawdopodobieństwa jak jeden mąż od tego czasu w mig godzin można zostaje je spełnić. Przede potrzebującym gotówki totalnie duże pojęcie oferuje w tej okolicy samo podejście aż do zjawiska jakim jest zadłużenie, zatem życzenie pozbycia ma go. Wiadomo, że czasem z pewnością ma to okazać istotnie skomplikowaną sprawą, w rzeczy samej należy podarować uwagę na fakt, że jeżeli iks mocniej jest chciał owo aczkolwiek konto winien na rzecz zapożyczonych byłoby w odgrywa tu możliwa. http://pewnepozyczkibezbik.pl/pozyczka-chwilowka-za-0-zl/

Beri tanggapan