Search form

Statistika

Ini semua tentang data

Kebanyakan teman sekelasku tidak pernah mandi.

Biasanya kalau sudah sore hantu-hantu itu keluar.

Pada umumnya orang kalau sudah dewasa ingin menikah.

Kebanyakan, biasanya, pada umumnya, adalah kata-kata yang kamu pakai sehari-hari untuk menggambarkan keadaan suatu kelompok orang atau benda. Kelasmu bisa terdiri dari banyak orang, dan kamu menyadari itu. Ada temanmu yang sering mandi, ada yang jarang, dan ada juga yang tidak pernah mandi. Nah, keadaan kelasmu yang begitu beragam ini menyebabkan kamu kesulitan jika harus menceritakannya secara detil kepada orang lain.

Hei Badu, hari ini hari pertamamu masuk sekolah bukan? Bagaimana teman-teman sekelasmu?

Ya... teman sekelasku ada 6 orang yang sering mandi, 7 orang yang jarang mandi, dan 14 orang yang tidak pernah mandi sama sekali. Dari 6 orang yang sering mandi tersebut ada 4 orang yang mandi sehari sampai tiga kali. Pagi, siang, sore. Dua orang sisanya mandi dua kali sehari. Sedangkan 7 orang yang jarang mandi itu tidak setiap hari mandi. Tetapi 5 di antaranya setiap kali mandi selalu mengambil waktu pagi hari. Sedangkan dua orang sisanya mengambil waktu sore atau malam hari.

Jawaban Badu memang sangat detil sekali, walaupun belum cukup detil karena belum menyebutkan sabun yang mereka pakai. Dengan menceritakan data temanmu secara detil seperti itu kamu telah menghasilkan sebuah cerita yang membosankan. Kebanyakan orang tidak ingin tahu hingga sedetil itu. Bandingkan dengan pembicaraan berikut:

Badu, coba ceritakan secara ringkas saja.

Mmmm... begini... kebanyakan teman sekelasku tidak pernah mandi.

Nah, Badu telah menceritakan dengan ringkas: kebanyakan mereka tidak pernah mandi. Sekarang, pendengar telah memiliki gambaran umum mengenai teman-teman Badu. Dari informasi yang sedikit ini ia tidak bisa menyimpulkan bahwa si Rini tidak pernah mandi. Atau si Bomi termasuk yang rajin mandi. Lalu apa yang bisa disimpulkan? Salah satunya, ia dapat saja menyimpulkan bahwa percuma menjual sabun mandi kepada teman sekelasmu. Atau justru sebaliknya, ini adalah peluang yang besar untuk menjual deodoran.

Sampai di sini, Badu telah menghadapi beberapa persoalan utama:

  1. Bagaimanakah menyajikan data?
  2. Bagaimanakah menggambarkan sifat data secara ringkas? dan
  3. Bagaimana menyimpulkan sesuatu berdasarkan data?

Persoalan-persoalan tersebut adalah persoalan-persoalan utama yang dipelajari dalam statistika - studi mengenai data. Dengan statistika kamu bisa mempelajari bagaimana menyajikan data, meringkas data, dan menyimpulkan sesuatu berdasarkan data tersebut.

Tanggapan

Windya

Pak Ari, maaf saya mau tanya,lanjutan dari buku ini apa namanya,Pak? Tidak ada linknya, saya jadi bingung!

Beri tanggapan