Search form

Processing

Sebuah bahasa pemrograman grafis

Audience

Mempelajari bahasa pemrograman sebenarnya tidak sulit jika kamu mempelajari dengan urutan yang benar: dari yang paling sederhana, kemudian bertambah sulit sedikit demi sedikit.

Processing sangat cocok menjadi pilihan jika kamu baru pertama kali mempelajari bahasa pemrograman. Dengan processing kamu bisa belajar untuk menggambar menggunakan perintah-perintah, sehingga apa yang kamu perintahkan bisa langsung muncul hasilnya. Berbeda dengan pendekatan lain untuk mempelajari bahasa pemrograman yang membuatmu harus berpikir dan menerka-nerka apa yang sebenarnya dikerjakan oleh komputer terhadap variabel tertentu, misalnya. Selain itu, pemrograman yang berbasiskan grafis membuat belajar processing bagi sebagian orang yang baru belajar menjadi lebih semangat daripada hanya menampilkan Hello World dan sebagainya.

Berikut ini adalah perbandingan jika kamu mempelajari processing sebagai bahasa pemrograman pertama yang kamu pelajari, dibandingkan menggunakan bahasa pemrograman lain yang tidak berbasis grafik.

Ini adalah reaksi temanmu ketika kamu membuat program dengan processing.

Kamu
Lihat, aku sudah bisa membuat lingkaran berwarna hijau!
Temanmu
Wuih, keren! Ck ck ck ck ck.

Ini adalah reaksi temanmu ketika kamu membuat program pada umumnya.

Kamu
Lihat, aku sudah bisa mencetak Hello World di layar komputer!
Temanmu
O...

Beri tanggapan