Search form

Yang aneh lebih seru

Audiens

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Bumi belum berbentuk dan kosong.
Gelap gulita menutupi samudera raya,
dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
- Kejadian 1:1 ITB

Menurutmu, mengapakah Bumi belum berbentuk, dan mengapa gelap gulita menutupi samudera raya? Apakah:

  • Karena waktu Allah selesai menciptakan langit dan bumi, setan bernama Lucifer yang sudah dibuang ke Bumi mengacau dan memporak porandakan seluruh alam ciptaan Allah? Lalu ia berkuasa atas bumi ini sehingga gelap gulita menutupi samudera raya? Ataukah:
  • Karena waktu itu Allah belum membentuk Bumi dan belum menciptakan terang?

Kalau kita meneliti Alkitab, terutama dari teks Kejadian 1 sendiri, tidak ada indikasi sama sekali bahwa ada setanlah yang memporak porandakan ciptaan maupun menguasai Bumi. Kehadiran setan pertama kali dicatat adalah setelah Allah menciptakan Hawa, yaitu di Kejadian 3. Di situlah ia masuk dan mulai menguasai alam ciptaan.

Berdasarkan ayat-ayat selanjutnya, jelas bahwa Allah menciptakan langit dan bumi dalam kondisinya yang masih mentah, belum ada terang, dan belum berbentuk. Maka Allah menciptakan terang untuk menerangi bumi, dan membuat bumi menjadi terstruktur: Ada air di atas, air di bawah, dan daratan.

Tetapi penjelasan yang mana yang kamu pilih? Bukankah penjelasan ini kurang seru? Bukankah lebih seru jika yang terjadi adalah yang pertama? Biasanya kita lebih memilih yang lebih seru, bukan?

Kebudayaan kita yang telah dipengaruhi oleh film-film Hollywood membuat kita lebih memilih penjelasan-penjelasan yang lebih seru: Ada setannya, ada monster, makhluk misterius, alien, dan sebagainya. Tetapi akhirnya kita jadi kurang tertarik dengan penjelasan yang lebih cocok dengan data lain dari Alkitab, dan lebih masuk akal. Arus seperti ini dapat mengalihkan pandangan kita, bahkan menghalangi kita untuk mengenal Allah yang benar melalui Alkitab.

Beri tanggapan