Dalam Processing kamu dapat menggunakan `ellipse` untuk menggambar elips. Contoh sintaksnya adalah seperti ini. ellipse(50, 40, 80, 60); Yang akan menghasilkan gambar di bawah ini. ellipse(50, 40, 80, 60); `ellipse` akan mengambil empat argumen, yaitu bilangan-bilangan dalam tanda kurung itu. * (**50**, 40, 80, 60) argumen pertama menunjukkan koordinat X di mana pusat elips akan diletakkan. Dalam contoh ini koordinat X-nya adalah 50. * (50, **40**, 80, 60) argumen kedua menunjukkan koordinat Y di mana pusat elips akan diletakkan. Dalam contoh ini koordinat Y-nya adalah 40. * (50, 40, **80**, 60) argumen ketiga menunjukkan lebar elips. Dalam contoh ini lebarnya adalah 80 piksel. * (50, 40, 80, **60**) argumen ketiga menunjukkan tinggi elips. Dalam contoh ini tingginya adalah 60 piksel. Berarti, keseluruhan perintah `ellipse(50, 40, 80, 60);` berarti "gambarlah elips dengan pusat di koordinat (50, 40), selebar 80 piksel, dan setinggi 60 piksel." #### Latihan 1. Buatlah elips dengan pusat (60, 45), dengan lebar 50 piksel dan tinggi 75 piksel. 2. Apakah artinya `ellipse(31, 52, 44, 54)`? ### Itu elips, bagaimana dengan lingkaran? Nah, lingkaran bisa dianggap sebagai elips yang tinggi maupun lebarnya sama. Maka untuk menggambar lingkaran, cukup buat lebar dan tingginya sama, yang sama dengan diameter lingkarannya. Mudah, bukan? ellipse(50, 40, 60, 60); #### Latihan 1. Buatlah lingkaran dengan pusat (33, 41), dengan diameter 18 piksel. 2. Apakah artinya `ellipse(81, 22, 15, 15)`? ### Membuat lingkaran berwarna Sekarang kita akan coba membuat sebuah gambar lingkaran berwarna. size(200, 200); background(#FFC80F); stroke(#189D2D); fill(#3FE88C); ellipse(100, 100, 150, 150); Cobalah tekan Run, dan kamu akan mendapatkan hasilnya seperti di bawah ini. size(200, 200); background(#FFC80F); stroke(#189D2D); fill(#3FE88C); ellipse(100, 100, 150, 150); Sebenarnya apa yang dilakukan oleh program tersebut? Baiklah, sekarang kita akan melihatnya satu per satu. #### Pertama, atur ukuran kanvasnya size(200, 200); Kamu hampir akan selalu memerlukan perintah ini setiap kali membuat sebuah _sketch_. Karena perintah ini adalah untuk memberitahu Processing ukuran kanvas yang kamu inginkan. Dalam hal ini adalah 200×200. Jadi Processing akan menyediakan sebuah kanvas bagimu dengan lebar 200 piksel, dan dengan tinggi 200 piksel. size({lebar}, {tinggi}); #### Lalu, beri warna _background_ Perintah `background` berguna untuk mewarnai seluruh kanvas dengan suatu warna tertentu. background(#FFC80F); #### Sekarang, baru gambar lingkarannya Untuk menggambar lingkaran, kita menggunakan `ellipse`. Tetapi sebelumnya, kita menyiapkan warnanya terlebih dahulu. `stroke` digunakan untuk memberi warna tepi luar. stroke(#189D2D); `fill` digunakan untuk memberi warna dalamnya. fill(#3FE88C); `ellipse` digunakan untuk menggambar lingkaran. Dalam hal ini lingkaran diletakkan di posisi (100, 100), dengan diameter sebesar 150 piksel. ellipse(100, 100, 150, 150); #### Latihan 1. Buatlah lingkaran biru dengan latar belakang hitam, pusatnya di (250, 101), sebesar mungkin tapi masih muat dalam *sketch* berukuran (300, 300). 2. Dalam *sketch* berukuran (640, 480), buat 3 lingkaran yang saling bersinggungan satu sama lain.