Search form

Notasi Interval

Bagaimana menuliskan interval?

Audiens

Sekarang kita akan menuliskan interval dalam notasi matematika. Ada dua notasi yang sering dipakai untuk menuliskan interval.

Notasi pertidaksamaan

Notasi pertidaksamaan biasanya digunakan untuk membantu notasi pembentuk himpunan. Untuk menyatakan interval antara 20 hingga 30, dengan 20 dan 30 termasuk di dalamnya, kita menggunakan tanda ≤.

20 ≤ x ≤ 30

Yang berarti x bisa bernilai 20, 30, atau di antaranya. Kalau kita tidak mengikutsertakan 30, kita bisa mengganti tanda ≤ dengan <.

20 ≤ x < 30

Notasi pembentuk himpunan

Untuk menuliskan interval dalam notasi pembentuk himpunan, format yang digunakan dalam ISO 80000-2 adalah seperti di bawah ini.

Bagian titik-titik akan kita isi dengan notasi pertidaksamaan.

Notasi interval

Notasi interval menggunakan dua bilangan yang dituliskan dalam tanda kurung. Untuk interval di atas, 20 hingga 30 dengan 20 dan 30 termasuk, kita menuliskan sebagai berikut.

[20, 30]

Jika 20 termasuk, sementara 30 tidak, kita akan mengganti tanda ] menjadi ):

[20, 30)

Kemudian, untuk menuliskan bilangan yang lebih dari 30, tanpa batas kanan, kita akan menuliskan simbol tak terhingga di sebelah kanan. Perhatikan karena tak terhingga bukanlah bilangan real, maka tak terhingga selalu diberi kurung lengkung ).

(30, ∞)

Sebaliknya, kalau kita hendak menuliskan bilangan yang kurang dari atau sama dengan 30, kita menuliskan simbol tak terhingga di sebelah kiri sebagai bilangan negatif.

(-∞ 30]

Penggunaan tanda kurungnya memiliki aturan sebagai berikut:

  • Gunakan kurung siku [ atau ] (tergantung di sisi mana), jika bilangan itu termasuk dalam interval.
  • Gunakan kurung lengkung ( atau ) (tergantung di sisi mana), jika bilangan itu tidak termasuk dalam interval.
  • Tak terhingga selalu menggunakan kurung lengkung, karena tak terhingga tidak termasuk dalam bilangan real. Tak terhingga di sebelah kiri selalu dituliskan sebagai negatif.

Perbandingan

Perbandingan dari notasi-notasi tersebut dapat kita lihat di sini.

Tanggapan

Beri tanggapan