Search form

Mengapa mempelajari logika?

Audiens

Banyak ilmu yang kita pelajari, sebenarnya secara alami kita sudah melakukannya. Sebelum kamu belajar ilmu mengenai olah raga, kamu sudah berlari-lari, loncat-loncat, bergelantungan, dan dihajar orang tuamu karena berlari-lari hingga menjatuhkan pot mahal berisi tanaman Adenium. Sebelum kamu belajar teori musik, kamu sudah bernyanyi hingga dimaki-maki tetangga sebelah. Lalu, kalau sudah bisa, untuk apa mempelajari ini semua? Kamu belajar bukan karena belum bisa, melainkan untuk meningkatkan kemampuan kamu.

Kita perlu mempelajari ilmu logika, karena:

  • Kemampuan alami kita sangat tidak tajam. Kita dilahirkan dengan kemampuan yang sangat mendasar, dan setelah bertumbuh dewasa pun kemampuan alami ini sangat terbatas. Maka kita perlu mempelajari ilmunya agar kemampuan kita lebih tajam lagi.
  • Ilmu yang kita pelajari sekarang adalah rangkuman pengetahuan banyak orang dari berbagai zaman. Mereka telah menemukan metoda-metoda, kesalahan-kesalahan, rumus-rumus, dan istilah-istilah yang membuat kamu tidak perlu mengalami kesulitan yang sama seperti yang mereka alami. Kamu yang gagal mempelajari suatu ilmu pun tetap mengetahui lebih banyak daripada kebanyakan orang di masa lampau! Mengapa? Karena kamu dapat melihat gambar besar dari ilmu itu, sementara mereka belum.

Beri tanggapan