Banyak remaja Kristen menanyakan pertanyaan ini:

Kalau dinosaurus memang ada, mengapa Alkitab tidak pernah menyebutnya?

Fakta ini adalah salah satu di antara banyak hal yang membuat para remaja Kristen penasaran. Mengapa tidak ada cerita Abraham naik stegosaurus atau Daniel masuk ke gua velociraptor? Intinya, mengapa tidak pernah ada dinosaurus yang disebut dalam Alkitab? Jawaban saya sangat sederhana: tidak perlu disebutkan.

Sebenarnya pertanyaan ini bisa menimbulkan kecemburuan pada banyak makhluk hidup. Kalau ada roh burung Dodo (itu juga kalau ada rohnya) yang mendengarmu bertanya seperti itu, ia akan protes, Mengapa kamu tidak pernah bertanya tentang burung Dodo dalam alkitab!

Bagaimana dengan hiu, paus (yang ini ada kemungkinan pernah disebut), panda, siput, gorila, kus kus, tarsius. Belum lagi kuman, bakteri, hewan bersel satu, cacing pipih, hydra, paramaecium, mollusca, virus, dan sebagainya. Sepertinya memang Tuhan tidak memberi peran bagi mereka dalam Alkitab.

Kalau begitu, mungkin ada baiknya pertanyaannya dimodifikasi sedikit:

Kalau dinosaurus memang ada, mengapa hewan sebesar itu tidak pernah dicatat dalam Alkitab? Apakah ketika Alkitab ditulis hewan itu sudah punah?

Jawaban saya juga sangat sederhana: saya tidak tahu. Ada banyak teori mengenai kepunahan dinosaurus, salah satu teorinya adalah akibat banjir besar pada zaman Nuh. Walaupun begitu, mungkin contoh berikut adalah dinosaurus.

Ada dua makhluk yang disebutkan panjang lebar oleh Allah ketika berbincang dengan Ayub, yaitu Behemoth (Ayub 40:15 kuda nil ">ITB), dan Leviathan (Ayub 41:1 buaya ">ITB). Kedua makhluk ini tampaknya agak berbeda dari nama Indonesianya. Selain itu, dalam kisah penciptaan hari kelima, disebutkan tentang Tanin (Kejadian 1:21 - Binatang-binatang laut yang besar ">ITB), yang bisa diterjemahkan sebagai monster-monster laut.

Banyak hal yang kita tidak tahu. Banyak hal juga yang Alkitab tidak catat. Tetapi walaupun tidak dicatat oleh Alkitab, tidak berarti itu tidak ada.