Search form

Laki-laki dan perempuan - Gambar Allah

Allah menciptakan laki-laki dan perempuan sebagai gambar Allah.

Audiens

Allah menciptakan manusia sebagai gambar Allah.

Apa artinya gambar Allah? Gambar Allah berarti manusia memancarkan diri Allah. Kamu bisa membayangkan ini seperti foto. Fotomu akan menyatakan wajahmu. Walaupun tentu saja fotomu tidak akan sesempurna dirimu. Contohnya, fotomu tidak bisa bicara. Tetapi orang tetap dapat dengan jelas melihat bahwa kamulah yang terdapat dalam foto itu.

Dalam hal gambar Allah, keberadaan manusia itu sendiri adalah gambar Allah. Manusia bukan menjadi seperti Allah. Juga bukan sekedar diberi kemampuan untuk nantinya menyatakan diri Allah dalam hidupnya. Manusia benar-benar adalah gambar Allah, modelnya Allah, fotonya Allah. Seperti apa Allah itu, dinyatakan dalam diri manusia. Disain manusia sudah menyatakan diri Allah, walaupun dalam keadaan yang berdosa sekarang ini kita sudah rusak sehingga gambar Allah dalam diri kita jadi tidak sempurna. Kita harus (dalam keadaan rusak ini) oleh pimpinan Roh Kudus diubah terus menerus untuk menjadi semakin mirip Allah.

Lalu apakah yang hendak Allah nyatakan di dalam perbedaan laki-laki dan perempuan?

Masing-masing merupakan foto Allah dari sisi yang berbeda

Pertama, kita harus sadari bahwa sebuah foto tidaklah sesempurna aslinya. Ada perbedaan yang sangat besar antara manusia dengan Allah. Seorang manusia tidak mungkin menjadi satu-satunya foto Allah yang sempurna, karena pasti hanya dapat memperlihatkan satu sisi saja. Allah menciptakan manusia laki-laki dengan perempuan untuk memancarkan sifat yang berbeda dari dalam diri Allah.

Sifat keadilan dan kasih

Ada dua sifat Allah yang bagi kita nampak berlawanan, namun keduanya ada. Kedua sifat Allah itu adalah sifat adil dan mengasihi. Allah itu adil. Allah menyatakan kebenaran tanpa dibelok-belokkan. Allah juga membenci dosa, dan menghakimi dengan adil setiap orang yang berdosa.

Di sisi lain, Allah yang adil juga adalah Allah yang penuh kasih. Allah yang menghukum manusia adalah Allah yang juga sabar menanti manusia bertobat. Allah yang membenci dosa juga adalah Allah yang memelihara hidup orang yang berdosa. Allah yang berhak menghakimi manusia juga adalah Allah yang rela mengorbankan AnakNya untuk menebus dosa manusia.

Nah, laki-laki didisain untuk memperlihatkan sisi keadilan dari Allah. Laki-laki diberikan wibawa, ketegasan, dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Suara, gerak-gerik, dan bentuk tubuh laki-laki juga didisain atas dasar sifat ini. Kamu dapat melihat bahwa tubuh laki-laki lebih berkesan kaku, kuat, dan stabil. Kamu juga dapat merasakan bahwa kemarahan seorang laki-laki biasanya lebih mengerikan daripada seorang perempuan. Karena laki-laki mewakili wibawa Allah.

Berbeda dari laki-laki, perempuan memancarkan sisi kelembutan dari Allah. Perempuan memiliki kelembutan, kasih, semuanya adalah memancarkan sifat Allah juga. Suara, gerak-gerik, dan bentuk tubuh perempuan juga memancarkan sifat ini. Tubuh perempuan lebih membentuk kurva yang halus, dan mengesankan kelembutan dan kasih sayang.

Saya tidak mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan hanya memancarkan satu sisi sifat Allah saja. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki sifat tegas maupun kelembutan. Sebagai individu, laki-laki maupun perempuan adalah gambar Allah. Dengan melihat seorang laki-laki saja, atau seorang perempuan saja, kita sudah bisa melihat perwakilan dari sifat Allah. Namun masing-masing memiliki kadar yang berbeda dalam ketegasan maupun kelembutan.

Juga, saya tidak mengatakan bahwa semua laki-laki atau semua perempuan seperti demikian. Secara umum kamu bisa melihat memang seperti itu. Namun juga ada kasus-kasus yang persentasenya sedikit, laki-laki begitu lembut, sementara perempuan begitu keras. Ada yang memang sifat bawaannya seperti itu, tetapi ada juga yang bukan sifat bawaan, melainkan karena bentukan keluarga maupun pergaulan.

Allah yang menentukan jenis kelaminmu!

Apakah kamu merasa bahwa kamu adalah seorang laki-laki yang terkurung dalam tubuh perempuan? Ataukah kamu merasa bahwa kamu adalah seorang perempuan yang terkurung dalam tubuh laki-laki? Emosi, hasrat, dorongan dari dalam diri, bahkan ciri-ciri fisikmu mungkin mendukung pandanganmu mengenai hal ini.

Mungkin kamu tidak akan setuju dengan saya. Tetapi Allah yang telah mendisain jenis kelaminmu adalah Allah yang tahu apa yang Ia lakukan. Bahkan, saya percaya bahwa hal yang sama juga berlaku untuk kamu yang secara fisik berjenis kelamin dua, atau bahkan tidak berjenis kelamin. Jadi, sambil kamu memikirkan untuk menentukan identitas kelaminmu, berdoalah dan bertanyalah terus kepada Allah yang menciptakanmu. Berdoalah agar Tuhan memimpin kamu untuk pada akhirnya dapat menjadi seseorang yang berlaku sesuai disain yang Ia maksudkan. Saya percaya disain fisik Allah terhadapmu berkait erat dengan siapa dirimu, dan apa yang hendak Allah lakukan melalui dirimu. Jadi doakan baik-baik.

Beri tanggapan