Search form

Istilah-istilah jaringan yang sangat rendah hati

Ada istilah-istilah dalam dunia jaringan komputer yang tanpa sengaja memiliki makna yang sangat rendah hati.

Audiens

Client - server

Dalam jaringan komputer, terdapat model jaringan yang disebut client-server. Jaringan model ini menempatkan sebuah (bisa juga beberapa) komputer untuk menyediakan suatu layanan bagi komputer lainnya. Komputer itu disebut sebagai server, dan komputer lain yang ia layani disebut sebagai client. Sekarang kamu sedang membaca tulisan yang kamu ambil dari sebuah server yang disebut sebagai webserver. Dalam hubungan ini, maka komputer yang kamu gunakan untuk membacanya disebut sebagai komputer client.

Komputer pusat disebut server. Komputer ini biasanya paling canggih1, memiliki memori dan harddisk yang berkapasitas besar, dengan prosesor yang cepat. Tugas server adalah melayani client yang lain. Seperti kalimat Tuhan Yesus berikut ini.

Raja-raja bangsa-bangsa memerintah rakyat mereka dan orang-orang yang menjalankan kuasa atas mereka disebut pelindung-pelindung. Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan. - Lukas 22:25-26 ITB

Ketika Tuhan memberimu anugerah lebih besar dari orang lain, kamu sebenarnya harus menjadi server bagi sesamamu. Anugerah apa? Anugerah itu bisa kekuatan yang lebih, untuk membela sesamamu yang lemah. Bisa juga kepandaian yang lebih, untuk melayani orang-orang yang kurang pandai.

Download-upload

Komputer bisa melakukan tukar-menukar data lewat jaringan. Kita bisa mengirimkan data dari komputer kita ke komputer lain. Bisa juga kita mengambil data dari komputer lain ke komputer kita.

Ketika kita mengirimkan data ke komputer yang lain, ini disebut sebagai upload atau mengunggah (serapan dari bahasa Jawa). Sebaliknya, ketika kita mengambil data dari komputer lain, ini disebut sebagai download atau mengunduh. Jadi kita melihat perjalanan data dari komputer kita ke komputer yang lain adalah sebagai up, dan perjalanan data dari komputer lain ke komputer kita adalah down. Berarti, kita sedang menempatkan diri di bawah, dan komputer lain di atas.

Lalu bagaimana komputer lain akan melihat kita? Sama. Mereka akan melihat perjalanan data dari komputer mereka ke komputer kita sebagai up, dan perjalanan data dari komputer kita ke komputer mereka sebagai down. Berarti, mereka sedang menempatkan diri di bawah, dan komputer kita di atas. Setiap komputer memposisikan diri di bawah yang lain!

Begitulah seharusnya hidup kita. Menempatkan diri kita lebih rendah (tidak berarti minder), sambil mengutamakan orang lain.

Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati. - 1 Petrus 5:5


  1. Sebenarnya tidak harus canggih. Karena untuk keperluan yang ringan seperti untuk website statik dalam jaringan lokal, komputer jadul seperti Pentium 3 dengan memori sedikit pun bisa. 

Beri tanggapan