Search form

Heri yang malang

Mengenai prinsip dualitas.

Audiens

Heri adalah seorang siswa sekolah yang memiliki kemampuan sihir. Suatu hari ia salah memakai baju seragam. Seharusnya hari Jumat semua siswa menggunakan baju warna hijau. Tetapi hari ini ia menggunakan warna ungu!

Ia masuk ke gedung sekolah dan terkejut melihat semua temannya menggunakan baju warna hijau. Celaka, katanya. Aku bisa dihukum suruh lari keliling lapangan 200 kali hari ini.

Memang, di sekolah Heri terdapat peraturan bahwa hari Jumat siswa harus menggunakan baju seragam warna hijau. Hukuman bagi pelanggarnya adalah harus lari 200 kali keliling lapangan. Tetapi Heri tidak bisa bolos, karena ia sudah terlanjur tiba di sekolah.

Aku harus menggunakan kekuatan sihirku. Aku akan menukar semua hijau di sekolah ini dengan ungu. Prot pret prut ugnuidajuajihaumes uajihidajugnuaumes!

Heri mengucapkan sebuah mantera yang aneh, dan oh! Semua baju teman-temannya yang hijau menjadi ungu! Semua barang-barang berwarna hijau di sekolah menjadi ungu, dan yang ungu menjadi hijau. Katak di laboratorium biologi juga berubah menjadi ungu. Slada di kantin juga jadi berwarna ungu. Dan yang paling penting - baju Heri sekarang menjadi warna hijau! Heri selamat!

Heri menghampiri Pak Dudung yang sedang bertugas piket Heri itu, dan dengan senyum bangga ia berkata kepada beliau, Pak, tidakkah bapak melihat, semua teman-teman saya salah pakai baju, dan hanya saya yang benar!

Pak Dudung mengamati bajunya beberapa detik, lalu berkata, Kamu lari 200 kali!

Loh! Saya kan pakai baju yang benar pak, warna hijau! Teman-teman saya yang harus lari 200 kali!

Kamu ini, sudah melanggar peraturan masih merasa diri benar! Coba baca ini!

Pak Dudung menunjukkan satu pasal pada buku peraturan yang menyebutkan demikian:

Setiap siswa wajib memakai baju warna ungu setiap hari jumat.

Lho! Peraturannya kan...

Heri pusing tujuh keliling, tetapi tetap harus berlari keliling lapangan. Ia baru kemudian menyadari, bukan hanya warna baju yang bertukar hijau-ungu. Tetapi bahkan setiap kata hijau dan ungu dalam sekolah tersebut bertukar.

Ini merupakan prinsip dualitas. Dengan menukar hijau dengan ungu, maka benar salahnya seseorang akan tetap sama, asal dalam peraturan hijau dan ungu juga ditukar.

Waktu Sebelum Sesudah
Baju Heri Ungu Hijau
Baju teman-teman Hijau Ungu
Menurut peraturan Hijau Ungu
Kesimpulan Heri salah, teman-teman benar. Heri salah, teman-teman benar.

Malang sekali nasib Heri.

Beri tanggapan