Search form

Fungsi Kuadrat

Fungsi yang tugas utamanya adalah menguadratkan bilangan.

Audiens

Masih ingat dengan Joni yang menjatuhkan koin dari atas gedung? Tentunya, koin yang dijatuhkan oleh Joni semakin lama akan semakin jauh dari Joni. Sejauh apa? Kita dapat menghitung sejauh apa koin tersebut dari Joni dengan persamaan berikut.

y = 4.9 t2

Dengan y adalah jarak koin dari tangan Joni dinyatakan dalam meter, dan t adalah detik yang telah berlalu sejak Joni melepaskan koin tersebut. Gambar berikut ini menunjukkan perubahan posisi koin setelah sekian detik. Tentu saja posisi yang digambarkan tidaklah akurat, karena kalau digambarkan secara benar-benar akurat, gambarnya akan menjadi sangat panjang.

Tugas utama: Menguadratkan

Dalam peristiwa ini, jarak koin terhadap tangan Joni (y) bergantung dari waktu yang telah berlalu (t). Dalam bahasa matematika kita akan mengatakan bahwa y adalah fungsi dari t.

y(t) = 4.9 t2

Tugas dari fungsi y ini adalah menguadratkan input yang kita berikan, kemudian mengalikannya dengan 4.9. Kalau kita memberikan input t = 5, kita akan mendapatkan output y = 122.5. Kalau kita memberikan input t = 2.1, kita akan mendapatkan output y = 21.609.

Nah, fungsi seperti ini disebut sebagai fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat berlaku sebagai mesin yang menguadratkan bilangan yang kita masukkan sebagai input. Lho, bukankah selain menguadratkan, fungsi ini mengalikan dengan 4.9? Betul. Namun tugas utamanya adalah menguadratkan. Nanti akan kita lihat bahwa pengali 4.9 tersebut hanyalah merupakan faktor skala saja, tetapi tetap tugas utama fungsi tersebut adalah menguadratkan.

Fungsi Kuadrat lainnya

Bukan hanya fungsi tersebut saja yang bisa disebut fungsi kuadrat. Di bawah ini adalah contoh-contoh fungsi kuadrat lainnya:

f(x) = x2
g(m) = -5 m2
h(z) = z2 - 3
m(x) = 2 - 5 x2
n(s) = 5 (s - 3)2 + 1

Beri tanggapan