Search form

Ecological Fallacy

Kesesatan ekologikal berbentuk seperti ini:

Kesesatan Ekologikal
x adalah anggota P
P secara keseluruhan bersifat y
x bersifat y
Umur rata-rata orang Indonesia lebih tinggi 10 tahun daripada umur rata-rata orang Uganda. Hasan orang Indonesia, Marganda orang Uganda. Pasti Hasan akan berumur lebih panjang daripada Marganda.

atau

Budi
Hasan, kamu anak SMA U ya?
Hasan
Iya.
Budi
Wah, hebat. Kamu pintar matematik ya.
Hasan
Kok kamu bisa berpendapat saya pintar?
Budi
Iya, SMA U nilai rata-rata tes diagnostik matematiknya 80.

Rata-rata tes 80 tidak berarti bahwa setiap orang hasil tesnya 80. Perhatikan data ini:

100 100 100 10 100

Kalau kamu menghitung rata-ratanya, akan muncul 82. Tidak satupun nilainya 82. Bahkan ada 1 orang nilainya 10. Rata-rata hanya digunakan untuk memberikan gambaran keseluruhan, tidak berarti setiap orang seperti itu. Nilai rata-rata sendiri juga tidak cukup memberikan gambaran mengenai data.

Perhatikan kedua barisan data ini:

100 30 80 10
60 50 50 60

Keduanya memiliki rata-rata 55. Tetapi jelas memiliki sifat yang berbeda. Kita memerlukan standar deviasi, range, quartil, dan sebagainya untuk memberikan gambaran yang lebih tepat. Dan yang paling penting untuk kita sadari, nilai-nilai itu memberikan gambaran keseluruhan data, bukan masing-masing datanya.

Kesesatan ini sering berbentuk stereotip. Orang sering sudah punya asumsi tertentu terhadap suatu kelompok. Maka ia menyimpulkan, setiap orang dalam kelompok itu pasti bersifat seperti itu.

Susi
Aku kemarin baru saja berdiskusi dengan Imron.
Mita
Imron? Yang baru saja lulus sekolah teologi itu?
Susi
Iya.
Mita
Sebaiknya kamu hati-hati. Orang yang sekolah teologi, saking pintarnya, jadi kurang iman.

Bedakan dengan penalaran silogisme.

Silogisme
Semua A bersifat y
x adalah A
x bersifat y (silogisme)

Dalam hal ini, ada suatu kemutlakan bahwa semua pasti bersifat seperti itu. Penalaran ini baik digunakan untuk hal-hal yang sudah teruji, seperti Semua manusia pasti mati, atau Semua buaya makan daging. Tetapi tidak tepat untuk digunakan seperti pada Semua lelaki buaya atau Semua wanita tidak pakai otak. Dua pernyataan yang belakangan tidak teruji sebagaimana dua pernyataan yang pertama, tetapi lebih merupakan hasil generalisasi yang kacau.

Beri tanggapan