Search form

Dua macam cara Allah menyatakan diri

Allah menyatakan diri dengan wahyu umum dan wahyu khusus.

Audiens

Allah tidak kelihatan. Tidak seorangpun pernah melihat Allah dengan sepenuh kemuliaanNya. Tidak berarti bahwa Allah tidak ada. Tidak berarti juga bahwa Allah tidak mau dirinya ditemukan.

Allah telah menyatakan diriNya, dan terus menerus akan menyatakan diriNya. Allah telah menciptakan seluruh alam semesta, dan Ia bukan menciptakan untuk berjalan sendiri. Allah menciptakan segala sesuatu dengan tujuan untuk memancarkan kemuliaan Allah di luar diriNya. Sebagian dari yang Allah ciptakan diberi kemampuan untuk menikmati Allah. Burung-burung dan ikan menikmati Allah dalam anugerah pemeliharaanNya terhadap mereka. Dan Allah juga menciptakan makhluk yang dapat menerima, menikmati, mengenal, dan berespon kepada Allah. Itulah manusia.

Manusia sangat merasa perlu untuk mengetahui Allah. Bahkan seorang ateispun sering mengatakan Kalau Allah memperlihatkan diriNya, aku akan percaya. Namun tampaknya Allah seperti bersembunyi. Apakah Ia tidak ingin menyatakan diri? Atau jangan-jangan, Ia sudah menyatakan diri dan kita tidak ngeh?

Melalui Mazmur 19 kita dapat mengetahui bahwa penyataan Allah dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu penyataan Allah melalui alam dan penyataan Allah melalui FirmanNya. Ini disebut sebagai wahyu umum dan wahyu khusus.

Beri tanggapan