Diagram lingkaran digunakan untuk menyajikan data persentase.

Misalnya, aktivitas Bomi sepanjang hari ini adalah sebagai berikut.

Tabel di atas menyajikan aktivitas Bomi. Tabel itu tidak mengatakan apa-apa tentang ia mandi jam berapa. Tabel itu juga menggabungkan aktivitas makan Bomi secara keseluruhan dalam 1 hari. Apa yang dapat kita ketahui dari tabel itu? Tabel itu menyajikan porsi waktu yang dipakai Bomi untuk masing-masing aktivitas. Kita bukan saja bisa mengetahui lamanya waktu yang digunakan Bomi untuk tidur, tetapi kita juga dapat membandingkan, waktu yang dipakai Bomi untuk tidur dengan keseluruhan waktu yang tersedia dalam sehari (24 jam).

Nah, data semacam ini dapat juga disajikan menggunakan diagram batang.

Dari diagram batang, kita dapat membandingkan lamanya satu aktivitas dengan yang lain. Kita dapat dengan mudah melihat bahwa Bomi menghabiskan waktu lebih banyak untuk bermain daripada belajar. Tetapi kita tidak secara mudah melihat perbandingan porsi waktu yang dipakai Bomi dalam sehari. Ada cara yang lebih baik untuk menyajikan data semacam ini, yaitu dengan diagram lingkaran (pie chart).

Bagaimana langkah-langkah membuatnya?

Hitung faktornya

Pertama, kita harus tahu total dari durasi yang kita bicarakan. Dalam tabel di atas sudah dihitung bahwa totalnya adalah 24 jam. Kita akan mengubahnya menjadi skala 360 derajat. Maka kita perlu menghitung faktornya:

${k = \frac{360}{24} = 15}$

Kalikan dengan faktor tersebut.

Misalnya, untuk waktu belajar, yang adalah 5,5 jam, maka kita kalikan dengan faktor 15.

5,5 × 15 = 82,5

Hasilnya adalah 82,5 derajat. Ini adalah sudut yang akan kita pakai untuk menggambar bagian belajar. Untuk sementara, tuliskan di sebelah data tersebut, sehingga kalau kita hitung semuanya, kita akan dapatkan:

AktivitasDurasiSudut
Belajar5.5 jam82,5 °
Bermain6 jam90,0 °
Makan1.5 jam22,5 °
Mandi1 jam15 °
Tidur10 jam150 °
Total waktu24 jam360 °

Ketiga: Bagi lingkaran

Buat lingkaran, dan bagi-bagi lingkaran tersebut menjadi bagian-bagian sesuai hasil perhitungan sudut.

Keempat: Keterangan & hiasan

Terakhir, silahkan beri keterangan setiap bagian, serta beri warna agar terlihat lebih menarik.

Dengan program-program bantu untuk membuat diagram lingkaran, kita dapat membuat berbagai macam efek seperti di bawah ini.