Search form

Apakah menghitung itu?

Kalau kamu ditanya, "apa itu menghitung?" Kamu akan jawab apa?

Sekarang marilah kita menghitung jeruk-jeruk ini:

Sebenarnya, apa yang kamu lakukan? Yang kamu lakukan adalah:

  • Mengaitkan jeruk pertama dengan bilangan 1.
  • Mengaitkan jeruk kedua dengan bilangan 2.
  • Mengaitkan jeruk ketiga dengan bilangan 3.
  • Dan seterusnya.

Jadi, ketika kamu menghitung, kamu mengaitkan benda yang kamu hitung dengan bilangan tertentu. Biasanya, bilangan yang kamu kaitkan adalah bilangan asli berselisih satu: 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Bilangan yang kamu pakai memiliki sifat berurutan, dan berselisih satu.

Ada kalanya kamu menghitung tidak dengan bilangan asli berselisih satu. Misalnya ketika kamu menghitung uang jajanmu, mungkin kamu menghitung 1000, 2000, 3000, dan seterusnya. Atau bisa juga 500, 1000, 1500, 2000. Jadi, dalam hal ini bilangan asli yang kamu pakai memiliki sifat berurutan, namun tidak berselisih satu. Tetapi ini lebih jarang terjadi.

Dengan begitu, menghitung bisa kita definisikan sebagai berikut.

Menghitung
Menghitung adalah proses memasangkan satu-satu antara benda yang dihitung dengan bilangan asli yang berurutan (1, 2, 3, 4, dan seterusnya).

Memasangkan atau mengaitkan satu-satu (korespondensi satu-satu) antara dua kelompok benda memiliki istilah matematika sendiri, yaitu fungsi bijektif.

Menghitung
Menghitung berarti membuat fungsi bijektif dari himpunan benda yang dihitung dengan himpunan bagian bilangan asli {1, 2, 3, 4, ... n}.

Beri tanggapan