Search form

Apa itu logika?

Pengertian logika.

Apakah logika itu? Carilah definisi logika di google, kamu akan menemukan definisi yang bermacam-macam. Membuat definisi memang tidak mudah. Tetapi kalau kamu perhatikan, logika biasanya dikaitkan dengan pikiran, sesuatu yang masuk akal, ilmu, kecerdasan, dan filsafat. Lalu apa itu logika?

Ayam bukanlah kerbau.
Iya, sudah tahu.
Aku punya ayam bernama Rini.
Oh? Lucu banget namanya.
Menurutmu Rini kerbau atau bukan?
Ya jelas bukan lah. Gimana sih kamu ini.

Setujukah kamu dengan Mila? Karena menurut penuturan Bomi, Rini adalah ayam, maka Mila mengatakan bahwa Rini pastilah bukan kerbau. Saya pikir semua orang waras akan setuju dengan hal itu.

Oh, jadi menurutmu Rini bukan kerbau ya. Mengapa begitu?
Sudah jelas, Bom. Ayam bukan kerbau. Kerbau bukan ayam. Kalau Rini ayam, nggak mungkin dia juga adalah kerbau! Bukankah kamu sendiri yang tadi memberitahuku bahwa ayam bukanlah kerbau?
Iya juga sih. Tapi aku masih belum mengerti.
Apanya?
Ayam bukan kerbau. Rini adalah ayam. Lalu apa alasannya kamu bilang bahwa Rini bukan kerbau?
... (-_-)

Bagaimana jawabmu jika kamu menjadi Mila? Kita selalu punya sense bahwa Rini pasti bukan kerbau. Mengapa begitu? Mengapa dengan kita punya informasi Ayam bukan kerbau, dan Rini adalah ayam, kita harus menyimpulkan bahwa Rini bukanlah kerbau? Nanti kita akan mempelajari hal ini. Tetapi sekarang, kita bisa mengatakan bahwa, dari sononya begitu. Tidak pernah ada yang mengajari kita cara berpikir seperti itu, tetapi kemampuan itu secara alami kita miliki. Yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan dari sejumlah informasi yang kita punya.

Secara alami kita memiliki kemampuan itu (jika kita berkembang dengan normal). Kita bisa secara otomatis menyimpulkan sesuatu berdasarkan informasi-informasi yang kita miliki. Seperti otak kita sudah diprogram sehingga otomatis kita akan menarik kesimpulan berdasarkan aturan-aturan tertentu.

Logika adalah mengenai aturan. Aturan apa? Aturan mengenai bagaimana kita menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang kita miliki.

Maka dalam e-buku ini saya memberikan definisi sederhana sebagai berikut.

Logika
Aturan-aturan mengenai bagaimana menarik kesimpulan yang sah dari sejumlah informasi.
Ilmu logika
Ilmu yang mempelajari aturan-aturan untuk menarik kesimpulan yang sah dari sejumlah informasi.

Saya membedakan antara logika dengan ilmu logika. Logika adalah benda yang kita pelajari, sementara ilmu logika adalah ilmunya. Kira-kira kamu bisa bandingkan dengan biologi dan makhluk hidup. Makhluk hidup adalah yang dipelajari dalam biologi, sedangkan biologi adalah ilmunya.

Berdasarkan dua kalimat di atas, apakah kamu setuju bahwa Rini pastilah bukan kerbau? Jika jawabanmu ya, maka kamu telah menunjukkan pada dunia bahwa kamu mengenali aturan-aturan logika.

Beri tanggapan